Friday, July 17, 2015

Masak itu menyenangkan Loh...!!!

Setelah sekian lama 'bungkem", gak nulis, gak update tentang kehidupan saya sekalipun gak ada yang nanya, gak ada yang kangen, gak ada yang kepo *saia tau diri soalnya hehehe...*
But saya ingin menceritakan satu hal yang sangat saya suka. Ingin cerita sedikit sih, selama di sini, sekitar 11 bulan hampir 1 tahun yaaa, saya jadi suka masak dongssss... Mungkin saya kesepian kali yaa, jadi saya masak aja *gak yambung!!! :(* nyambung beuh, kan waktu sendiri dan kesepian itu jadi saya manfaatkan untuk belajar memasak :)

Tidak banyak masakan hebat yang saya buat. Hanya menu-menu sederhana yang tanpa penyedap rasa dan enak di lidah saya wong saia masak kan buat diri sendiri tapi teman-teman yang nyobain bilangnya enak kok. Hati saya jadi senang dan tambah semangat lagi masaknya, supaya dipuji eitttsss gak lah yaa, supaya semakin jago aja. Kalau udah jago, ada modal kan bisa buka rumah makan trus itu buka kafe kecil-kecilan, trus buka restoran, truss.. truss... *plak!!!!* kok jadi ngimpi sihhhh.... :(
Tapi gak ada salahnya juga sih memimpikan sesuatu *asal teteup mawas diri jak* wkwkwkwkkkk.....

Saya mau bagi-bagi resep pribadi sekalipun saya nanya dan liat sana-sini tapi saya modifikasi lah sesuai dengan lidah dan tangan hahhaha...


  • Perkedel Kentang
Bahan-bahannya

1/2 kg kentang, telor 2 butir, garam secukupnya, bawang merah, bawang putih, lada, tepung terigu 50 gram, dan minyak goreng secukupnya.

Caranya : 

Kukus kentang sampai matang (pengalaman saya: sekitar 30 menit dengan kompor H*ck yaaaa, di sini saya tidak pakai gas *gasnyaa mahal teing booh dan suka langka*. 
Teman-teman ada yang suka mengolah kentangnya digoreng atau direbus, saya sudah coba semuanya, dan paling rekomen adalah dikukus J . Setelah itu, kentang yang sudah matang dihalusin. Bawang merah, bawang putih, dan lada (jika bukan bubuk) dihaluskan, dicampur dengan adonan sekaligus dengan penambahan garam ke adonan. Aduk rata, pastikan rasanya sudah sesuai dengan lidah Anda. Kalau mau, bisa menambah irisan daun sop dan/atau daun bawang secukupnya ke dalam adonan.
Setelah itu masukin terigu dan kuning telur, diaduk-aduk lagi, terus sampai rata. Putih telornya untuk melapisi adonan perkedel yang sudah dibentuk sesuai selera sebelum dituangkan ke dalam penggorengan yang minyak gorengnya sudah matang/panas. Silakan digoreng dengan api sedang, ketika sudah kecoklatan, diangkat, ditiriskan, dan didinginkan. Setelah itu siap untuk disajikan dan dinikmati yaaa...

Perkedel Kentang yang sudah siap untuk disantap yummmyyyyyyy.....
  • Perkedel tahu
Perkedel tahu yang saya buat, bahan-bahannya dan cara masaknya sama dengan perkedel kentang. Bedanya perkedel tahu, bahan utamanya tahu. Jadi bahan di sebelumnya, kentang diganti dengan tahu.


  • Bunga Pepaya
Tahapan mengolah bunga pepaya dari atas kiri ke kanan model zig-zag gitu
Di sini, tempat tinggal saya sekarang, orang-orang suka makan ini barang, bunga pepaya. Dimana-mana pasti deh selalu nyiapin menu ini. Belum lagi jika ada acara apa pun, menu ini tidak pernah ketinggalan. Yang menarik, bunga pepayanya tidak pahit dan enak dong saudara-saudara. Karena itu, Saya penasaran dong ya untuk mencoba memasaknya Setelah berguru singkat disela-sela jam istirahat di kantor dengan teman-teman maka saya pun mencobanya. Hereby the recipes, It's my own recipe hahahhaaa....

Bahan-bahannya: 

250 gram bunga pepaya, garam, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, lada, bakso (sapi atau ikan sesuaikan dengan selera), telor 1 butir. 
Bawang merah (4 siung) + Bawang putih (2 siung) + lada dihaluskan (bumbunya).
Baksonya dipotong-potong sesuai selera dan telornya dikocok sampai kuning dan putih merata nyatunya.

Caranya:

Pertama: 
bunga pepaya silakan dicuci dengan air bersih yang mengalir. Jika sudah bersih, dimasukkan dalam wadah atau waskom. 

Kedua:
Masukan dan campur bunga pepaya dengan garam yang banyak (kalau saya sekitar 6 sendok makan) dan campuran tersebut diaduk dan direman-remas, sampai bunga pepaya layu. Setelah itu didiamkan sekitar 15 menit. Ini cara untuk mengurangi rasa pahit bunga pepaya.

Ketiga:
Bunga pepaya yang sudah layu dibersihkan dengan air bersih sampai bersih dan garam yang melekat di bunga pepaya sudah jauh berkurang

Keempat: panaskan air sampai mendidih, setelah mendidih masukan bunga pepaya yang sudah dibersihkan. Rebus sekitar 5 menit. Ini juga untuk menghilangkan rasa pahit bunga pepaya yang masih tersisa. Setelah itu, angkat dan kembali ditirisakan.

Kelima:
panaskan minyak goreng dalam penggorengan untuk menumis bumbu. Setelah bumbu harum dan warnya sudah keliatan matang, masukkin potongan baso dan kocokan telur, aduk-aduk sampai rata. Setelah itu masukin bunga pepaya. Coba dulu, kalau rasanya masih asin atau asinnya sudah pas maka tidak perlu ditambah garam. Aduk sampai matang, sekitar 5 - 10 menit-an lah. Setelah itu, angkat dan sajikan dalam wadahnya. Siap disantap lah!!!!

Yang saya masak, saya bawa kantor dan bagi ke-teman-teman, kata mereka enak lohh, walopun masih sedikit pahit tapi buat mereka pahitnya bisa ditolerir. Kalau buat saya, pahitnya gak begitu kerasa kalau dimakan dengan nasi hehehhe...


Kali ini, saya bagiin itu dulu ya. Yang lain menyusul hehehehe... (kalau rajin nulis wkwkkw..:))


Selamat memasak dan berkreasi mengelola menu yang sehat, enak, dan ramah di kantong kita semua wkwkwkkw....***



No comments:

Post a Comment