Tuesday, June 23, 2015

[PART 02] MAKNA DARI SEBUAH PEKERJAAN

#NulisRandom2015
#HariKelima

Part sebelumnya DI SINI

Seriusan Saya pernah ngomong sama Bapa di Sorga seperti itu. Sebenarnya dan sejujurnya Saya tidak tahu pastinya pekerjaan apa yang sejatinya yang diinginkan hati Saya. Namun, bukan Tuhan namanya kalau Dia tidak mengetahui dan mengerti isi hati dan pikiran kita, bahkan di tempat terdalam dan tersembunyi yang kita pun tidak bisa menelaahnya. Dia pun TAHU sebab Dialah yang membentuk kita dengan Tangan-Nya yang penuh kuasa, Dia merangkai kita dengan sangat teliti dan detail.
Jeremiah 1 : 5 Before you were formed in the body of your mother I had knowledge of you, ... (Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal Engkau) BBE Version
Pengertian dari Knowledge ini lebih dalam dari Know. Menurut Google Translate, knowledge is facts, information, and skills acquired by a person through experience or education; the theoretical or practical understanding of a subject.
Intinya, Tuhan sangat mengenal dan mengerti kita luar dan dalam.

Karena pengertian yang mendalam inilah maka saya percaya panggilan Tuhan atas hidup kita itulah pekerjaan terbaik dan Tuhan sangat rindu kita hidup dan mengerjakan pekerjaan yang terbaik itu.

Efesus 2:10
“Karena kita ini buatan Allah, 
diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”
Saya yakin setiap kita pasti memiliki kriteria tersendiri untuk pekerjaan terbaik. Mungkin ada yang mengatakan jika pekerjaan terbaik itu adalah pekerjaan yang sesuai dengan hobby atau kegemarannya, misalnya suka olahraga jadi pekerjaannya olahragawan atau pelatih bidang olahraga tertentu. Yang lain, mungkin memilih pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari atau pengalaman sebelumnya. Atau bahkan mungkin ada dari sebagian kita yang memilih pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang bergaji gede atau sedikit juga tak apa asal banyak waktu luang bersama dengan keluarga, terutama jika punya si kecil (temanku ada loh yang memiliki kategori ini).

Kalau Kalian tanya saya, kategori pekerjaan terbaik menurut saya adalah pekerjaan yang menyenangkan hati saya dan dapat membuat saya semakin giat melayani dan bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan sehingga kemuliaan Tuhan semakin bersinar dan memberkati banyak orang. Jika kalian menebaknya seperti itu maka sorry to say, kalian salah besar. Sebenarnya, menurut saya pekerjaan terbaik itu adalah pekerjaan yang membuat saya semakin pinter dan memiliki gaji yang gede hehehee...J

Itu saya dulu dan sekarang eeh??? koh begitu? Sabar, sabar, pasti akan saya jelaskan serinci mungkin!

Karena Tuhan mengenal kita sangat intim (dalam banget) maka Dia sudah tahu kita bakalan jadi apa sehingga Bapa menaruhkan rasa (suka/cinta) hasrat atau keinginan atau desire untuk mengerjakan sesuatu (pekerjaan) itu di dalam hati kita terdalam yang hanya Tuhan yang bisa tarukan dan menghidupkan-Nya. Jelas banget lah ya firman ngejelasin tentang ini!! 

For it is GOD who is the cause of YOUR DESIRES and of YOUR ACTS, for His Hood pleasure (phil 2:13 _BBE version)

Jadi, kita akan tahu bahkan semakin mengerti untuk apa kita diciptakan atau akan seperti apa kita berkarya untuk memuliakan Tuhan. Untuk itu, sebelumnya kita memang (HARUS) bersungguh-sungguh mau mengenal dan bertumbuh dalam Dia. Karena kalau tidak di dalam TUHAN, kita tidak akan maksimal dalam hidupnya, karena bakalan tidak akan nemu pekerjaan yang Tuhan tetapkan semula buat kita.

Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar (Yoh 15 :5-6 - TB)
Kembali ke hidup saya (kenapa hidup saya, karena saya yang nulis lah hahhaha... bukan, karena saya yang tahu pekerjaan impian saya, kalau situ sudah cerita dan saya tulis di sini tentang pekerjaan Anda maka saya mungkin tulis tentang Anda hehehe.. J*peace!!)


Sejak saya mengalami pertobatan yang sungguh (sekalipun saat ini masih jatuh bangun juga untuk beberapa hal). Yang pasti sejak itu, saya rindu untuk bertumbuh untuk mengenal Tuhan dan rindu sekali pekerjaan saya kelak adalah pekerjaan terbaik yang Tuhan memang tetapkan saya untuk kerjakan ketika Dia ciptakan saya.

"Dear God, saya itu gak tau mau kemana sebenarnya setelah selesai kuliah dan mau kerja apa (karena sebagai manusia, saya maunya BANYAK), tapi saya ingin bekerja dengan manusia, gak duduk manis di depan kompie or lepie (komputer or laptop. red)".
Saya pikir pekerjaan yang cocok buat saya adalah dosen atau peneliti atau pengajar *kan saya pengen semakin pinter lewat pekerjaan saya* (menyesuaikan juga dengan latar belakang pendidikan saya, kalau tidak tahu diri saya mah pengen jadi dokter *plak! Tapi kan gak mungkin wong saya bukan mahasiswa kedokteran, mantan calon sih iya kwkwkkw...) J


Setelah doa yang mendalam dan menganalisis diri sendiri maka saya tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pekerjaan sekarang ini maka Tuhan membawa saya untuk bertemu dan mengenal pekerjaan ini. Apa itu? Saya seorang pekerja sosial dari sebuah organisasi kemanusiaan non-profit.kalau ada dari kalian yang tidak tahu apa itu maka begitulah saya 3 tahun yang lalu. Nah, bagaimana saya yakin bahwa pekerjaan ini dari Allah? panggilan Allah atas hidup saya? Jawaban saya sederhana pekerjaan itu membuatmu semakin mengenal Allah dan semakin mengerti untuk apa kamu diciptakan, bahkan ketika mengerjakannya kamu semakin dipenuhi belas kasihan Tuhan

Pekerjaan bukan berbicara tentang wadahnya ya tapi apa yang kamu kerjakan, maksud saya hari ini saya ada di organisasi ini maka ketika besok saya ada di organisasi lain maka saya tidak mengerjakan panggilan Allah lagi? Ya bukan dong, dimana pun tempatnya pekerjaan yang kita lakukan pasti harus sama (jika sesuai dengan kehendak Allah). Bahkan tujuan besarnya adalah memuliakan TUHAN.

Apakah pekerjaan saya sekarang sesuai dengan doa saya? Jawabannya BENAR SEKALI. Pekerjaan ini membuat kerinduan saya untuk bekerja dengan melayani orang banyak secara langsung, membuat saya semakin pinter, dan berkecukupanlan secara materi (toh selama ini saya tidak berkekurangan, bahkan bisa lah investasi alias nabur sana-sini Jhehehehehe...). 

Oia, satu lagi pekerjaan saya membuat saya bisa keliling NKRI ini (ini pas mula-mula bertumbuh dalam Tuhan, dalam sebuah KKR saya pernah bilang sama Tuhan, pengen keliling NKRI kalau sudah gede hehehe.. *terwujud dongsss*). Pekerjaan ini membuat saya semakin banyak mengucap syukur dan melihat kehidupan yang terjadi di pelosok negeri yang tidak semuanya bisa mendapatkan pengalaman yang sama. Saya pernah bilang ke rekan saya "pekerjaan ini memanusiakan saya". Benar, saya semakin manusiawi dalam artian saya semakin peka dan bisa berempati dengan keadaan orang lain. Itulah yang membuat saya semakin mencintai pekerjaan saya.

Kalau teman-teman berpikir jika pekerjaan saya sangat menyenangkan dan tidak sulit secara manusia. Kalian salah besar gue ini suka nyalahin orang jak ya, maaf yeeee.. . Sama dengan pekerjaan lain, pekerjaan saya pun ada mudahnya dan ada sulitnya, bahkan percayalah bahwa itu membutuhkan pengorbanan yang besar, baik dana maupun air mata, sekalipun tidak sampai berdarah-darah juga sih hehehhehe...

Inti pekerjaan saya adalah (menurut saya secara sederhana) "memanusiakan manusia". Nah, apalagi itu, panjanglah kalau dijelasin. Tapi intinya, bagaimana orang yang kami layani itu dapat menjadi "manusia seutuhnya", terutama anak-anak yang menjadi masa depan keluarga, masyarakat, dan bangsa ini. Dalam kan yak!!
Udah kebayang belum sulitnya dimana? atau enaknya dimana? Bayangin aja dulu yaaa hehehee...
*lain kali diceritakan lebih dalam tentang pekerjaan saya*


Begitulah, pekerjaan itu bukanlah sekedar pekerjaan yang harus kamu kerjakan setiap hari dan setiap tanggal 25 ada sms cinta masuk ke HP canggihmu yang membuatmu sumringah sepanjang hari tersebut xoxoxo... *pengalaman pribadi*


"Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu" (Mat 6:33 - TB)
Akhir tulisan ini Saya berdoa semoga semua teman saya yang membaca tulisan ini bisa menguji dan mendapat pekerjaan terbaik yang memang Tuhan panggil Anda untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, kita tidak perlu merasa minder dan setengah-setengah mengerjakan pekerjaan kita. Bahkan, tidak perlu membandingkan pekerjaan kita dengan rekan atau tetangga kita dan tidak perlu juga merasa sirik karena teman kita memiliki pekerjaan yang OK BGT menurut kita J

Galatia 6:4 Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaan-nya sendiri, maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain. (Terjemahan Baru)

NB: harusnya ini diposting tanggal 5 Juni 2015


Semoga Anda terberkati ©





2 comments:

  1. Aku pengen kerjaanku jadi berkat dan aku juga pengen gaji gedeee...Hahahaha.Dan dulu di awal kerja,saat sering dinas kesana kemari, aku menikmati punya 'gaji tambahan'. Nah, sempat kepikiran kalau punya keluarga trus ditinggal-tinggal melulu ga enak banget, mending punya gaji cukup (cukup buat bayar cicilan rumah, cukup buat makan, cukup buat bayar listrik, dan cukup buat yang lain-lain) aja tapi punya waktu buat bareng keluarga. Prioritas berubah. Dan bener, waktu dah merit, malah gak suka kalau kudu dinas luar berhari-hari, hahaha. Sekarang mikirnya, yang penting apa yang aku kerjakan jadi berkat, udah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku dinas keluar (travel istilahnya) yang ada makin pintar dan capek tanpa ada uang tambahan apa pun kak hehehe..
      Terjawablah pekerjaan terbaik buatku pekerjaan yang membuatku semakin pinteeer wkwkw :))

      Delete